Saya dan Internet!

Sekitar tahun 1994 – 1996, Internet mulai dikenal publik meskipun akses untuk menikmati internet pun sangat terbatas, saya masih ingat ketika kuliah di UGM yogyakarta pertama kali saya mengenal internet  dengan membuka email dan browsing ketika diajak kawan saya yang  punya pacar mahasiswi amerika  sedang studi di UGM. Akhirnya mereka pun intens berhubungan secara murah dengan email jika kekasih kawan saya ini pulang kampung ke Amerika. Waktu itu warnet di Yogyakarta baru ada dua, dan penggunanya juga masih agak sepi, rata-rata para mahasiswa. Sekitar tahun 1996 itulah pertama kali saya berkenalan dengan internet dengan membuat account email gratisan pertama saya, kalau tidak salah saya menggunakan mailcity.com. Sementara dinamika gerakan mahasiswa di era menjelang orde baru tumbang  sedang meningkat, dan keberadaan internet cukup punya andil dalam penyebaran informasi dan pola komunikasi yang dibungkam salurannya lewat media konvensional seperti TV, radio dan media cetak oleh rezim Soeharto.

Saya masih ingat ketika rekan-rekan mahasiswa menggunakan internet untuk mengakses data informasi yang dicap terlarang oleh penguasa. Mereka mengakses dan mendownload artikel, berta dan buku-buku terlarang seperti Das Kapital, Marxisme dan teori2 kiri radikal lainya, berita-berita politik dari luar negeri tentang indonesia selain tentunya gambar-gambar syurrr para bintang porno dari luar negeri (katanya biar nggak stress ngomong politik dengan resiko dikejar-kejar intelijen negara!).

Beberapa tahun kemudian setelah Rezim Soeharto runtuh, perkembangan internet bergerak dengan ekspansi yang sangat cepat, pertumbuhan warnet melaju pesat di kota-kota besar. Tahun 1999 saya mulai belajar membuat web dengan berbasis program html, dengan beberapa rekan mahasiswa kita mengembangkan media online untuk pers mahasiswa meskipun masih sangat sederhana. Mailing list, Board Forum berkembang menjadi cikal bakal komunitas online yang sekarang ini berkembang menjadi situs jejaring sosial semacam friendster, facebook dll. Sepuluh tahun lalu saya intens membangun komunikasi dengan sesama pengguna internet melalui media website berdasarkan minat khusus. Waktu itu saya mendevelop sebuah situs komik underground yang sampai sekarang masih bisa diakses di http://komikazemedia.tripod.com dari membuat situs inilah saya kemudian bertemu dengan rekan-rekan aktifis komik dari beberapa kota lain, bertemu, berpameran, berkarya dan membangun komunitas antar kota. Sejak saat itu saya menyadari internet benar-benar akan mengubah beberapa aspek kehidupan sosial dan ekonomi kita. Karena internet juga akhirnya saya bisa berkarir di Jakarta sebagai desainer grafis tanpa repot-repot mecari lowongan pekerjaan di koran-koran.

Sekarang dari pinggiran kota Jakarta saya tinggal bersama istri saya di sebuah rumah  mungil saya bekerja secara lepas dan internet kembali mengubah cara pandang saya tentang pekerjaan, saya sempat setengah tidak yakin ketika mulai berkarir sendiri melalui media internet mengakses berbagai peluang yang ada, meski masih jauh dari harapan tapi akhirnya karena internet juga saya mendapatkan dollar pertama saya dari hasil jerih payah saya menjual ide kreatif di global market. Hal yang menyenangkan waktu itu adalah saat saya berhasil menarik dollar bayaran kerja saya dari rekening Paypal ke rek bank lokal saya di Indonesia. Saya yakin para pekerja kreatif di Indonesia punya peluang besar untuk go global karena di luar sana banyak peluang-peluang untuk menghasilkan dollar tanpa harus jadi TKI.

Next saya akan berbagi banyak hal tentang dunia kreatif melalui internet. Semoga bermanfaat!

About AgungStudio

Graphic Design | Illustration | Visual Arts | indiecomic | Photography | Blogger | Coffelover | Designpreneur View all posts by AgungStudio

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: