Tips Sederhana Bekerja Freelance

Menjalani pekerjaan sebagai freelancer berarti juga menjadi pemilik bisnis atau usaha sendiri, yang selalu dituntut mendapatkan klien-klien baru. Tentu hal ini selalu dihadapi pekerja freelance yang masih pemula maupun yang sudah berpengalaman. Selalu ada kepentingan mendasar untuk mengamankan usaha kita. Bisa saja kita tak bisa menjamin  kapan klien akan tetap tertarik bekerja sama dengan kita atau tidak. Sebaiknya kita perlu mengetahui beberapa tips sederhana yang bisa menjadi acuan dasar kita menjalankan bisnis desain:

Komunikasikan dengan Klien
Seringkali kita hanya terpaku pada satu sisi aspek pekerjaan desain, misal desain cetak utk keperluan marketing kit. Pastikan klien kita mengetahui semua tentang seluruh kapabilitas dan layanan kita. Mereka mungkin membutuhkan desain web atau desain logo baru, jika kita mengkomunikasikan juga skill kita diluar print base desain mungkin akan menambah aliran proyek dari klien. Banyak desainer bekerja sama dengan freelance copywriter, illustrator dan fotografer, jika kasusnya seperti ini, silahkan tawarkan juga akses kepada klien jasa kreatif yang berhubungan dengan area yang lain tersebut.

Gunakan trik the word of mouth
Sebutkan industri yang tidak membutuhkan desainer grafis? Setiap jenis bisnis mendapatkan benefit dari sebuah brosur, corporate identity, web dan layanan kreatif lainnya. Untuk mendapat lebih banyak pekerjaan kita perlu untuk selalu siap menjual jasa kita kapan saja. Biarkan orang-orang mengetahui bahwa kita adalah desainer grafis dan sedang mengerjakan proyek-proyek baru. Ceritakan apa yang sedang kita kerjakan kepada teman, keluarga dan relasi kita, karena trik dari mulut ke mulut ini sangat ampuh untuk bisa mendatangkan proyek-proyek baru ke meja kita.

Kartu Nama selalu ready!
Sebuah kartu nama sangat penting, khususnya bagi para desainer grafis. Kartu nama dapat mengkomunikasikan aspek estetik dan sensibilitas desain kepada calon klien potensial kita. Perlakukan kartu nama anda sama halnya dengan handphone dan dompet ketika kita akan keluar rumah. Bawalah kartu nama kemanapun kita pergi, kita bisa bertemu calon klien dimana saja! Who knows?

Networking
Bekerja terus-terusan di rumah cukup jenuh juga tentunya. Pergilah ke luar rumah, bertemu kolega dan teman-teman atau juga calon klien potensial, selalu belajar dan up to date dengan apa yang terjadi dengan dunia desain grafis juga industri lainnya. Belajar bekerja sama juga dengan desainer lain atau freelance fotografer, copy writer, marketer dan web developer. Datanglah ke ajang pertemuan atau event yang berhubungan dengan klien potensial kita, jangan lupa kartu nama! dan tentu ikuti perkembangan desain grafis dengan menghadiri acara-acara komunitas desainer untuk bertemu sesama desainer dan meningkatkan nilai dan skill kita di mata klien.

disadur dari smashingshare.com

Agung Budiman | twitter: @agungvisualwork

About AgungStudio

Graphic Design | Illustration | Visual Arts | indiecomic | Photography | Blogger | Coffelover | Designpreneur View all posts by AgungStudio

2 responses to “Tips Sederhana Bekerja Freelance

You must be logged in to post a comment.

%d bloggers like this: